ITATS : Tablet atau Phablet, Mana yang Anda Pilih

4 Nov 2014

phablet vs tablet

Ada perkembangan menarik yang terkait penggunaan smartphone saat ini. Fenomena tersebut adalah munculnya banyak phablet atau smartphone berlayar raksasa yang bahkan ukurannya hampir sama dengan sebuah tablet. Hal ini pun tentunya membuat opsi yang cukup membingungkan, terutama bagi yang ingin mendapatkan perangkat dengan layar cukup besar.

Pilihan tersebut bisa saja menggunakan tablet dengan layar yang mungil, entah itu 7 inci atau 8 inci serta opsi untuk membeli sebuah phablet. Terlebih saat ini banyak phablet yang beredar di pasaran hadir dengan layar berukuran di atas 5,2 inci. Terlebih kadang ada pula sebuah tablet yang bisa dipakai untuk melakukan panggilan suara. Hal ini pun tentunya semakinmembingungkan konsumen.

Harga

Pertimbangan pertama tentu saja adalah masalah harga. Untuk produk yang satu ini, PC World pun mengungkapkan kalau persebaran harga dari phablet dan tablet mini cukup menarik untuk ditelaah. Dari sample sebanyak 1600 handphone serta 750 tablet, mereka mengatakan kalau sebuah handphone punya gap harga yang tak terlalu besar, antara handphone dengan layar kecil, handphone dengan layar sedang ataupun sebuah phablet.

Hal ini berbeda dengan sebuah tablet. Semakin besar layar yang ditawarkan, maka semakin tinggi pula harga yang dipatok. Dan selisih antara sebuah tablet mini dengan tablet berukuran menengah (9 inci) cukup tinggi. Terlebih dibandingkan dengan tablet besar yang punya layar 12 inci.

Dalam data tersebut pun terungkap kalau rata-rata harga phablet adalah sebesar 397 USD. Angka ini jauh lebih tinggi dibandingkan harga rata-rata sebuah tablet mini, yakni sebesar 304 USD.

Kualitas kamera

Kalau masalah kamera yang Anda pertimbangkan, tentunya yang menjadi pilihan adalah sebuah phablet. Tablet yang ada di pasaran, terutama tablet mini, banyak yang menggunakan kamera beresolusi rendah. Dalam data PCworld terungkap kalau rata-rata tablet 7 inci menggunakan kamera 3.8MP.

Hal ini cukup timpang kalau dibandingkan dengan phablet yang kebanyakan punya kamera berkualitas tinggi. Mereka mengatakan kalau rata-rata kamera pada phablet di pasaran adalah sebesar 9,9MP. Terlebih saat ini muncul banyak phablet dengan kualitas kamera yang tinggi, seperti Xperia Z3 dengan kamera 20.7MP misalnya.

Kapasitas penyimpanan data

Untuk permasalahan yang satu ini, baik phablet ataupun tablet tak mempunyai perbedaan yang mencolok. PCWorld menemukan kalau rata-rata phablet yang telah mereka ambil datanya punya kapasitas memori internal sebesar 13,9GB. Angka ini tak jauh berbeda dengan rata-rata memori internal pada tablet mini, yakni sebanyak 12,7GB.

Daya tahan baterai

Hal ini juga cukup menarik untuk diketahui. Sebuah phablet yang notabene punya layar lebih besar dibandingkan smartphone biasa ternyata punya daya tahan baterai yang lebih tinggi. Contoh kasus terbarunya adalah iPhone 6 Plus kalau dibandingkan dengan iPhone 6. iPhone 6 Plus yang akhir-akhir ini banyak disinggung karena mudah bengkok punya daya tahan hingga 24 jam. Hal ini berbeda dengan adiknya, iPhone 6, yang mampu bertahan selama 14 jam.

Kasus seperti itu tak hanya terjadi pada produk Apple. Samsung juga memberlakukan hal serupa. Galaxy Note 3 punya baterai yang mampu bertahan hingga 21 jam. Daya tahan tersebut lebih tinggi jika dibandingkan Samsung Galaxy S4 yang notabene punya layar lebih kecil, hanya mampu bertahan selama 17 jam.

Ditilik lebih lanjut, ukuran yang besar memang memberikan potensi power yang lebih tinggi. Namun para produsen juga mengikuti perkembangan tersebut dengan memberikan baterai dengan kapasitas yang lebih besar.

Lalu bagaimana dengan sebuah tablet? Dibandingkan dengan phablet, daya tahan sebuah tablet ternyata jauh lebih rendah. Tablet-tablet mini yang ada di pasaran rata-rata hanya mampu bertahan selama 8,3 jam. Sementara tablet berukuran menengah mampu bertahan sedikit lebih lama, yakni 8,6 jam. Sedangkan tablet berukuran besar punya daya tahan hingga 10,8 jam.

Dengan adanya fakta seperti di atas, tentu sebuah phablet dan tablet mempunyai segmennya sendiri. Phablet yang cenderung punya harga lebih tinggi, serta tablet mini yang kebanyakan dipatok dengan banderol lebih rendah. Lalu, dari kedua perangkat mobile ini, mana yang menjadi pilihan Anda?


TAGS itats rektor itats kampus itats kuliah itats itats surabaya mahasiswa itats


-

Author

Follow Me

Search

Recent Post